Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengetik Tulisan Arab di Whatsapp Tanpa Aplikasi, Bagaimana Cara membuatnya?

Pernahkah kalian melihat tulisan arab di whatsapp? entah itu kiriman dari kontak teman whatsaap kalian dalam obrolan pribadi ataupun dalam grup whatsapp. Setelah melihat tulisan arab pada whatsapp tersebut, tentunya kalian bertanya-tanya kan? tentang bagaimana agar bisa menulis arab di whatsapp?. Karena menulis pesan chat di whatsapp menggunakan tulisan arab tentunya akan lebih menarik, apalagi bagi orang yang sedang belajar tentang bahasa arab. Maka tentunya hal ini akan sangat bermanfaat sekali. Karena kalian bisa langsung mempraktekkan dengan teman kalian menulis dengan menggunakan tulisan arab.

Dalam beberapa kejadian tulisan arab kadang dikirimkan oleh seseorang di grup whatsapp dan biasanya dituliskan untuk bacaan-bacaan atau do'a. Sehingga do'a atau bacaan tersebut akan terasa lebih pantas menggunakan tulisan arab. Dan menurut saya apabila seseorang membagikan pesan di grup whatsapp dengan terdapat tulisan arab, saya rasa tidak yakin kalau tulisan tersebut dia yang buat. Karena yang sering dilakukan adalah dengan membagikan dengan cara menyalin saja. Maka untuk kalian yang ingin mengetahui cara membuat tulisan arab di whatsapp, maka tepat sekali karena pada kesempatan kali ini membahas mengenai bagaimana cara membuat tulisan dengan menggunakan bahasa arab di dalam aplikasi whatsapp dan cara ini terbukti tanpa harus melakukan atau mendownload sebuah aplikasi tambahan.

Sebenarnya tidak hanya dengan tulisan arab saja yang bisa kalian ketik pada whatsapp, kita dapat membuatnya dengan berbagai macam tulisan bahasa dari belahan dunia. Kita hanya perlu memilih bahasa tulisan yang ingin kita tambahkan saja dari input bahasa yang tersedia.
Oke untuk yang sudah penasaran banget tentang bagaimana agar bisa menulis arab pada whatsapp. Maka simak baik-baik ulasannya di bawah ini.

Baca juga - Cara membuat teks di whatsapp menjadi warna biru pada android.


Cara membuat tulisan arab di whatsapp tanpa aplikasi :

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi whtsapp kalian, kemudian masuk pada menu chatting.
  • Kemudian ketikkan pesan ke teman kalian agar tampil papan ketiknya atau keyboardnya.
  • Setelah itu, kemudian tekan tombol pengaturan. Seperti yang terlihat pada gambar yang ada dibawah ini.
Mengetik Tulisan Arab di Whatsapp Tanpa Aplikasi, Bagaimana Cara membuatnya?
  • Maka secara otomatis akan muncul bahasa dan masukan. Nah pada langkah ini, dibawah bahasa Indonesia ada opsi tambah pilih bahasa input. Silahkan kalian klik pada + pilih bahasa input. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat pada gambar screenshot dibawah ini.

cara agar bisa mengetik tulisan arab di whatsapp

  • Nah silahkan kalian ceklis bahasa Indonesia kemudian ceklis lagi untuk bahasa Arab nya. Jika bahasa Arab kalian belum ada pada menu bahasa yang diunduh silahkan unduh terlebih dahulu pada menu bahasa yang tersedia. Proses unduh nya pun sangat cepat. Jika sudah berhasil kalian download kalian bisa ceklis bahasa Arab tersebut. Seperti pada gambar yang ada dibawah ini.

cara mengetik tulisan arab di whatsapp

  • Selanjutnya silahkan kembali ke menu chatting. Untuk mengubah menjadi bahasa arab kini kalian tinggal mengusap spasi ke kanan atau ke kiri saja, jangan di klik tapi di usap. Maka otomatis bahasa pada keyboard yang tadinya memakai Indonesia akan beralih ke bahasa Arab. Dan untuk mengembalikanya kembali kalian cukup mengusap spasi kembali. Dan untuk melihat hasilnya seperti apa, kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.
cara membuat tulisan arab di whatsapp dengan mudah

Bagaimana cukup mudah bukan untuk bisa mengetik memakai tulisan arab?. Jadi silahkan mencobanya langsung melalui aplikasi whatsapp milikmu.

Catatan : Untuk cara diatas kami menggunakan Hp samsung, dan mungkin apabila menggunakan perangkat yang lain caranya akan sedikit berbeda.

Oke mungkin sekian postingan artikel pada kali ini mengenai cara membuat tulisan arab di whatsapp tanpa aplikasi. Semoga dapat bermanfaat, dan jika bermanfaat bagi kalian alangkah baiknya juga untuk di share ke teman kalian juga agar mereka juga dapat untuk mengetahuinya. Terimakasih dan sampai jumpa pada postingan artikel selanjutnya.

Artikel Menarik lainnya :