Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengendalikan Laptop dengan Ponsel Android

Mengendalikan laptop dengan ponsel android - Untuk kali ini di dalam blog pejuang muda akan menjelaskan sedikit mengenai apa itu remote control desktop/laptop dan bagaimana cara instalasinya yang mungkin bisa sedikit membantu anda. Mungkin untuk kalian yang baru pulang istilah dekstop jarak jauh, yups pastinya akan menjadi sebuah ilmu baru dan pengalaman baru dalam ilmu komputer ini. Yang tentunya nanti bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah pada PC atau Komputer teman kalian, mungkin lagi anda lagi perlu perangkat tambahan yang ingin di instal dan masih banyak lagi dan itu semua bisa di selesaikan dalam jarak jauh.

Banyak sekali Software Remote Desktop yang bertebaran di beberapa app store yang tersedia di android namun pada kesempatan kali ini saya akan menggunakan aplikasi yang bernama RD Client.
RD Client atau bisa disebut juga dengan Remote Desktop Client adalah sistem operasi dari windows yang berfungsi untuk mengendalikan komputer lain yang terhubung melalui sebuah jaringan.
Jadi istilahnya jika ingin mengendalikan komputer dengan jarak jauh kita cukup menggunakan aplikasi remote desktop ini, jadi seolah-olah kita berada di depan komputer yang sedang kita kendalikan ini.


Banyak hal bisa kita lakukan dengan menggunakan remote desktop, bahkan hampir semua bisa kita kendalikan disini, seperti hapus file, instal perangkat lunak, konfigurasi jaringan, shutdown pada komputer yang kita kendalikan ini. Untuk mengaktifkan fitur remote desktop ini misalnya saat ini saya sedang menggunakan sistem operasi windows 7, dan langkah-langkah nya adalah sebagai berikut :
  • Masuk pada menu my computer lalu klik kanan.
  • Kemudian klik properties. Seperti pada gambar screenshot di bawah ini.

my computer


  • Kemudian pada tab system properties, pilih Pada Allow connections from computers running any version of remote desktop (less source).
  • Lalu klik Apply kemudian Ok.

                                     system properties



2. Pada Smartphone Android

  • Langkah pertama yaitu dowload aplikasi remote desktop atau RD Client.
  • Kemudian install aplikasi tersebut. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi tersebut.
  • Jika sudah terinstal klik pada sudut kanan atas pada tombol + dan pilih menu desktop.
  • Kemudian memasukkan Ip Address komputer, username dan juga password komputer kalian.
  • Setelah selesai klik connect.

Nanti setelah di klik terhubung maka otomatis semua aktivitas dekstop bisa kita kendalikan melalui smartphone kita.

tampilan windows 7 pada android


Beberapa syarat agar bisa terhubung saat menggunakan remot desktop ini adalah sebagai berikut:
  • Baik komputer yang akan diremot maupun perangkat android yang akan meremote konfigurasi kembali terhubung dalam satu jaringan.
  • Akses remote pada komputer diaktifkan.
  • Di windows komputer harus memiliki password dan juga username
Mungkin sekian postingan pada kali ini mengenai cara mengendalikan desktop dengan ponsel android, semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih sudah di blog pejuang muda jangan lupa untuk berkunjung kembali.