Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Blokir Aplikasi dengan Windows Firewall

Blokir aplikasi dengan menggunakan windows firewall - Perlu anda ketahui mengenai apa itu windows firewall. Pengertian dari windows firewall itu sendiri adalah salah satu fitur yang disediakan oleh windows yang berfungsi untuk memproteksi atau melindungi sistem operasi windows. Jadi apabila anda menonaktifkan windows firewall ini akan membuat komputer lebih rentan terhadap akses yang tidak sah. Dengan windows firewall juga dapat kita gunakan untuk memblokir sebuah aplikasi. 
     Maksud dari memblokir sebuah aplikasi dari firewall adalah jika anda pernah menginstal suatu program atau aplikasi namun saat waktu tertentu dikala anda membuka kembali program atau aplikasi tersebut anda diminta melakukan update. Biasanya program tersebut melalukan update secara otomatis saat anda mengakses internet. Nah untuk menghilangkan update yang selalu muncul dan bisa menggangu kenyamanan anda bisa dilalukan setting secara default yaitu dengan menggunakan firewall. 

Baca juga artikel berikut ini :

Dan inilah beberapa langkah yang bisa kita ikuti saat memblokir program atau aplikasi dengan menggunakan windows firewall:

Langkah pertama yaitu buka windows firewall dengan menggunakan control panel  kemudian pilih  windows firewall kemudian lanjut advanced  setting.

membuka windows firewall




Bisa juga menggunakan tombol cepat dengan menggunakan tombol windows + R kemudian akan muncul kotak run tulislah wf.msc lalu ok/enter.


dialog run kotak




Kemudian klik Inbound Rules(jendela kiri),kemudian klik New Rule pada sisi kanan

windows firewall DENGAN maju keamanan




Selanjutnya pada Inbound  New Rule Wizard pilih Program-Next


Inbound Aturan Wizard




Klik tombol Browse untuk  menelusuri program yang akan  di Blok kemudian klik Next


dr aturan Wizard




Dijendela Pilih tindakan Block Connection-kemudian klik Next.



Aturan masuk baru Wizard



Pada jendela profil beri centang semua

Inbound Aturan Wizard


Pada jendela Name, beri nama baru dan Klik finish.

Kemudian ulangi settingan seperti diatas pada menu Outbound Rules.


Demikianlah beberapa langkah mudah cara memblokir aplikasi dengan menggunakan windows firewall, semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.