Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara memperbaiki file yang corrupt dengan perintah CMD

Pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai cara memperbaiki file yang corrupt dengan perintah CMD. Jika file sudah rusak atau corrupt biasanya komputer atau PC Kalian akan terasa lebih lambat atau lemah sehingga kadang loading akan terasa lama saat proses startup berlangsung, proses ini terkadang juga bisa disebabkan karena aliran listrik yang mati secara tiba-tiba atau bisa juga dikatakan mati lampu dadakan, dan juga adanya file yang rusak atau hilang. Namun jika hal tersebut terjadi maka kalian tidak perlu khawatir, karena di dalam fitur windows 7 ini, windows sendiri mempunyai cara bagaimana memperbaiki nya yaitu cukup mudah hanya dengan melakukan beberapa perintah pada command prompt.

Oke langsung saja, marilah kita simak beberapa langkah mudah dibawah ini :

Langkah yang pertama yaitu, buka fitur windows ini dengan command prompt dengan mode administrator

Command prompt


Cara nya yaitu dengan klik start. Setelah itu kemudian pada kolom pencarian, ketikkan CMD dan setelah itu maka akan muncul CMD. Selanjutnya Kalian klik kanan dan dan kemudian pilih run as administrator. Lihat pada gambar yang ada di bawah ini.


Jika CMD sudah terbuka dengan mode administrator buka lanjutkan dengan utilitas ini.

SFC [/SCANNOW] [/VERIFYONLY] [/SCANFILE=<file>] [/VERIFYFILE=<file>] [/OFFWINDIR=<offline windows directory> /OFFBOOTDIR=<offline boot directory>]

Lakukan scan pada file yang rusak dengan perintah.


  • Sfc/scannow

Nah, pada perintah ini tunggu sampai proses selesai karena membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus melakukan scan menyeluruh karena butuh proses yaitu perintah ini sedang mencari file-file yang rusak.

sfc/scannow

Sfc/Scannow


  • Sfc/verifyonly


Digunakan jika tidak akan melakukan perbaikan pada file yang dianggap rusak anda bisa saja hanya dengan melakukan scan saja tanpa memperbaikinya.

Namun jika anda ingin melakukan scan dan perbaikan dalam satu file saja bisa juga. Contoh dengan file keymaker.exe yang terletak pada folder  C/windows/System
Anda tinggal mengetikkan.

sfc /scanfile=C:\Windows\System32\keymaker.exe

atau dengan menggunakan perintah ini untuk scan saja tanpa perbaikan.

/verifyonly=C:\Windows\System32\keymaker.exe

Nah itulah beberapa cara bagaimana melakukan scan dan perbaikan terhadap file di windows yang rusak dan bermasalah dengan CMD. Semoga artikel ini bisa membantu. Sekian dan terima kasih.