Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus File Dalam Recycle Bin Secara Otomatis

Menghapus file dalam recycle bin secara otomatis - Saat kita menghapus sebuah file didalam windows, sebenarnya file tersebut itu tidak benar-benar terhapus atau istilahnya file tersebut masih tersimpan dalam sebuah wadah yang bernama recycle bin, sehingga kapan saja kita masih bisa mengambil file tersebut didalam wadah recycle ini. Kecuali saat kita menghapus file tersebut sebelumnya menggunakan shift + delete. Sehingga tidak akan ada file yang berhenti di dalam recycle bin. Otomatis terhapus secara permanen dan tidak akan melewati  Recycle bin.

Dan tak jarang dari kita, saking seringnya menghapus file yang tidak kita perlukan lagi, tiba-tiba dengan tak sadar file sudah sangat numpuk dengan saking banyaknya, jelas itu bisa membuat diri kita repot dengan membersihkan sampah atau file-file yang ada dalam recycle bin secara manual. Apalagi jika file tersebut ada yang dianggap penting jadi harus pandai memilah milah dalam jumlah yang banyak itu.
Oleh karena itu disini kita akan menggunakan sebuah trik di mana ada cara membersihkan recycle bin secara otomatis dan secara rutin. Kalau ada cara yang otomatis kenapa harus pakai yang manual.☺
Kita bisa menggunakan sebuah task scheduler, sehingga kita tidak akan perlu menghapus sampah pada recycle bin secara manual.

Pertama yang dilakukan yaitu buka Star Menu, cari Task Scheduler dan jalan kan.
Maka akan muncul menu seperti  ini, Klik menu Create Basic Task pada bagian atas sebelah kanan.

task scheduler



Kemudian tulislah nama file-nya pada kolom nama misalnya recycle bin terus pilih next.



Task scheduler



Selanjutnya kita tentukan atau pilih frekuensi dalam interval waktu yang ingin kita inginkan, misalnya anda ingin file tersebut otomatis bersih dalam waktu seminggu sekali jadi kita pilih weeklykemudian klik next.


tampilan Task scheduler


Kita pilih juga tanggal dan setiap hari apa task tersebut akan dijalankan, kemudian klik next lagi.

Task Scheduler


Selanjutnya pilih Start a program dan klik Next.


create basic task wizard



Cari program recycle bin pada menu browse dengan format Program/script =cmd.exe
Argument=/C”echo Y/powershell .exe-no profile-Comand clear-Recycle bin”.


Create basic task wizard


Kemudian klik next dan finish.


Create Basic Task Wizard



Nah sekarang recycle bin anda akan membersihkan secara otomatis dengan waktu dan tanggal  yang sudah diatur sesuai dengan yang diatas. Jadi anda tak perlu khawatir lagi sampah atau hasil file yang sudah dihapus menumpuk didalam sebuah recycle bin karena dengan sistem ini maka file sampah tersebut akan otomatis setiap minggunya terbersihkan.

Oke mungkin itu saja yang dapat saya share pada kesempatan kali ini mengenai cara menghapus file dalam recycle bin secara otomatis, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan. Sekian dan terimakasih.