Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Halaman Situs Web dengan Chrome ke Layar Utama di Android

Jika kalian hoby browsing dengan menggunakan perangkat android untuk mendapatkan suatu informasi dari sebuah website/situs web. Tentunya kalian tidak asing lagi dengan yang namanya browser chrome. Browser chrome sendiri merupakan browser milik google yang pasti sudah langsung ada pada smartphone android yang kalian miliki. Di samping begitu cepat dalam mengakses sebuah halaman web, kalian juga bisa menikmati banyak sekali fitur-fitur menarik pada browser chrome yang akan memberi kemudahan kepada penggunanya sehingga pengguna bisa nyaman saat sedang browsing.

Baca juga - Cara merekam aktifitas layar menggunakan browser Chrome

Jika kalian merupakan pengunjung setia sebuah website tertentu, mungkin dengan menambahkan halaman situs web tersebut berada pada layar utama/home screen di android akan memudahkan kalian saat akan mengakses sebuah situs web. Lalu bagaimana cara menambahkan halaman situs web ke layar utama di android?. Jadi nantinya begitu kalian ingin masuk atau berkunjung ke halaman situs web tersebut cukup dengan mengeklik ikonnya saja yang ada pada layar utama di ponsel android. Dan kalian tentu saja tidak perlu repot-repot lagi untuk masuk ke aplikasi google chrome terlebih dahulu dan mengetikkan alamat URL sebuah website yang akan kalian kunjungi tersebut. Karena jika kalian telah menambahkan situs web chrome ke layar utama di android maka akan terlihat seperti sebuah aplikasi pada android. Sehingga dengan cara ini kalian akan langsung masuk ke situs tersebut, sangat menarik bukan?. Yups langsung saja ikuti cara dibawah ini agar tidak penasaran lagi seperti apa nanti hasilnya.


Cara menambahkan halaman website dengan chrome ke layar utama di android :


Dengan menggunakan browser chrome kalian bisa melakukan cara ini dengan sangat mudah. Misalnya kalian memiliki situs web tertentu yang ingin kalian tambahkan ke layar utama android. Sebagai contoh saya akan menambahkan halaman situs pejuangmuda45.blogspot.com ke layar utama/home screen di android.
  • Langkah pertama buka browser chrome kalian, kemudian masukkan URL atau alamat situs web yang kalian pilih.
Cara Menambahkan Halaman Situs Web dengan Chrome ke Layar Utama di Android

  • Selanjutnya jika sudah masuk ke situs web, lanjutkan dengan mengeklik tanda 3 titik diatas jendela chrome yang berada disebelah kanan atas. Seperti pada gambar screenshot berikut ini.
cara membuat pintasan laman dengan chrome di android

  • Setelah itu pilih dan klik "Add to Home Screen". Kalian bisa edit nama sesuai yang kalian inginkan. Untuk lebih jelasnya maka lihat pada gambar screenshot berikut ini.
cara menamabahkan laman situs web ke layar utama di android

  • Nah, jika sudah maka secara otomatis kalian dapat melihat bahwa situs web tersebut sekarang akan muuncul atau berada pada layar utama seperti layaknya Aplikasi. Kalian bisa mengeklik ikon itu kapan saja untuk langsung menuju atau mengakses halaman sebuah situs web tersebut. 
cara menambahkan halaman situs web pada home screen di android


ada satu cara lagi untuk menambahkan halaman situs web ke layar utama :

Jika cara diatas kalian hanya dapat menambahkan satu situs web saja, namun untuk yang ini kalian mungkin bisa menambahkan lebih dari satu untuk situs favorit kalian. Caranya hampir sama dengan yang di atas namun untuk cara yang kedua ini kita harus menggunakan sebuah bookmark dan menempatkan keseluruhan folder bookmark pada layar utama kalian.
  • Nah, untuk melakukan nya kalian bisa menuju situs favorit kalian, lalu klik atau pilih tiga titik di sebelah kanan atas kemudian pilih ikon bintang dibagian atas. Untuk lebih jelasnya mengenai langkah ini bisa kalian lihat pada gambar berikut ini.
tips tambahkan bormark chrome ke layar utama di android

  • Kalian bisa memilih beberapa situ web yang ingin dijadikan situs favorit kalian dengan tanda bintang. 
  • Sekarang atur semuanya kedalam folder, untuk mengatur bokmark kalian bisa pilih 3titik lagi kemudian pilih ''bookmark''.
cara mudah untuk menambahkan situs web dengan chrome ke layar utama android

  • Kemudian jadikan dalam satu nama folder ke boomark ini. Kalian bisa edit sendiri nama folder bookmark ini.
tips tambahkan borkmark chrome ke home screen pada android

  • Setelah kalian menggabungkan semua situs web favorit kalian ke dalam satu folder, sekarang kalian bisa meletakkan dilayar utama android kalian. Kalian bisa membuka layar Home screen dan mengakses halaman widget, kalian bisa dengan cara klik dan tahan pada halaman atau ruang kosong, dan memilih widget. Namun cara ini tidak semua jenis perangkat android sama. Kalian bisa mencobanya sendiri dengan menggunakan jenis smartphone yang kalian miliki.

cara tambahkan widget di ponsel android

  • Setelah itu kemudian cari atau gulir kebawah sampai kalian menemukan chrome dan pilih bookmark chrome.
cara menambahkan pintasan layar pada ponsel android
  • Kini kalian bisa menemukan dan mempunyai area di layar utama android yang dikhususkan untuk mengakses bookmark kalian.
cara membuat halaman situs web berada pada layar utama di android


Oke mungkin itu saja postingan pada kesempatan kali ini mengenai cara menambahkan halaman situs web dengan chrome ke layar utama di android. Semoga dengan cara ini akan mempermudah kalian dalam mengunjungi situs favorit kalian dan tentunya cara ini ditujukan untuk kalian agar lebih mudah dalam mengakses situs favorit kalian tersebut. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini.