Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menerjemahkan Bahasa Secara Otomatis Dengan Google Chrome

Terjemahkan bahasa laman web secara otomatis di google chrome - Bagi seseorang yang aktif dalam berselancar atau browsing di dunia internet saya yakin pasti pernah menjumpai beberapa website dengan berbagai bahasa yang kurang dimengerti. Entah itu bahasa inggris atau bahasa yang lainnya. Dan salah satu solusi alternatif untuk memahami bahasa yang tidak kalian mengerti adalah dengan menerjemahkannya dengan cara melakukan copy atau salin tulisan pada artikel tersebut kemudian mempastekannya ke google translate. Nah baru deh kalian pahami maksud dari tulisan yang terdapat pada situs web tersebut. Namun cara ini dianggap kurang efektif dan membutuhkan waktu yang cukup lama karena kalian harus bolak-balik ke suatu laman web hanya untuk menterjemahkan bahasa. Dan sebenarnya ada cara agar bahasa laman suatu website di terjemahkan secara otomatis ke bahasa yang kalian kuasai. Misalnya jika bahasa pada suatu situs web berbahasa inggris, maka kalian bisa menerjemahkan bahasanya menjadi bahasa indonesia secara otomatis yaitu dengan menggunakan browser google chrome tentunya. Karena pada google chrome terdapat fitur google translate. Jadi setiap kalian masuk ke laman web yang berbahasa kalian tidak mengerti maka bahasa tersebut akan di terjemahkan secara otomatis oleh google chrome menjadi bahasa yang terjemahan yang kalian pilih. Hal ini tentunya akan mempermudah seseorang apabila dia sedang mencari ilmu dengan cara browsing didunia maya.

Nah terus bagaimana caranya agar laman web bisa diditerjemahkan secara otomatis? tentu saja kalian perlu melakukan langkah-langkah dibawah ini terlebih dahulu agar di browser chrome kalian terdapat fitur terjemahan bahasa atau google translate. Biasanya fitur ini tidak langsung ada pada google chrome jadi kita perlu menambahkannya terlebih dahulu.

Baca juga - Cara Memindahkan Address Bar di Chrome Melalui Android


Kalian hanya perlu menginstall extentions/add on di google chrome kalian. Untuk lebih jelasnya kalian bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka setelan kemudian pilih fitur lainnya - selanjutnya kalian pilih ekstensi. Seperti pada gambar dibawah ini.
cara terjemahkan bahasa laman web dengan menggunakan google chrome

  • Setelah itu kemudian gulir kebawah, lalu pilih dapatkan ekstensi lainnya, Jika sudah, tulis google translate pada kolom pencarian ekstensi pada chrome webstore. Selanjutnya pilih tambahkan ke chrome. Lihat pada gambar yang ada di bawah ini.

terjemahkan bahasa inggris ke bahasa indonesia dengan google chrome

  • Jika sudah maka akan muncul sebuah notifikasi. Notifikasi tersebut yaitu seperti tampak kurang lebihnya seperti pada gambar dibawah ini. Dan klik pada tambahkan ekstensi.
cara translate bahasa secara otomatis di google chrome

  • Selesai. Jika berhasil akan ada simbol seperti ini atau akan ada tab baru pada jendela chrome. Untuk tampilan simbolnya bisa dilihat di gambar berikut ini yang saya kasih tanda panah merah ya.
cara untuk terjemahkan otomatis laman web di google chrome


Dan apabila kalian mengunjungi situs dengan bahasa asing atau bahasa yang mungin tidak kalian pahami dengan ekstensi ini kalian bisa menerjemahkannya secara otomatis.

Oke mungkin itu saja postingan artikel pada kesempatan kali ini mengenai tips atau cara agar laman web yang berbahasa asing bisa diterjemahkan secara otomatis melalui google chrome. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan. Sekian dan terimakasih telah berkunjung di blog kami.


Artikel lainnya