Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Jadikan Headset Handphone/HP Menjadi Microphone

Headset adalah gabungan dari headphone dan juga microphone yang biasa digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara saat terkoneksi dalam sebuah perangkat elektronik. Dari sekian banyaknya orang, umumnya headset hanya digunakan sekedar untuk mendengarkan audio saja. Maka dari itu selain headset kita gunakan hanya sebagai alat yang digunakan untuk mendengarkan suara, saat ini ada kalanya jika teman-teman ingin belajar bagimana cara setting headset handphone menjadi sebuah microphone pada laptop ataupun PC.

Bagi teman-teman yang sebelumnya hobi atau suka dengan kegiatan seperti karaoke ataupun suka membuat video tutorial, bermain game dan kemudian kalian merekam momen kalian tersebut, ada saatnya pasti akan berfikir bagaimana cara mensetting/mengatur headset kesayangan kalian tersebut agar bisa dijadikan sebagai microphone. Sebenarnya tidak perlu membeli headset mahal, jika hanya untuk  dimanfaatkan untuk bersuara atau berbicara melalui headset tersebut namun kita cukup memanfaatkan headset yang ada saja. Misalnya kita hanya punya sebuah headset dari handphone. Maka dari itu kalian bisa menggunakan headset handphone tersebut untuk dijadikan sebuah microphone.
Nah pada kesempatan kali ini pejuangmuda45.blogspot.co.id akan berbagi bagaimana cara menjadikan headset handphone untuk dijadikan sebagai microphone dan juga membuat apa yang kalian ucapkan terdengar pada headset tersebut. 

Caranya sangat mudah, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan :

  • Pertama-tama masukkan headset yang sudah kalian siapkan pada lubang jack audio, biasanya pada lubang audio terdapat gambar simbol headset dan juga biasanya berwarna hijau. Seperti pada gambar dibawah ini. 


Cara Membuat Headset Handphone Menjadi Microphone




  • Setelah itu kemudian masuk pada menu komputer dengan mengeklik start - control panel - hardware and sound-sound - pilih tab recording. Dibawah ini adalah gambar tampilan recording.

recording



  • Arahkan kursor pada gambar microphone - kemudian Klik kanan - Enable kemudian Ok. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


microphone



  • Kemudian pilih propertis - klik pada menu listen - beri tanda ceklis pada listen to the device-kemudian ok.


sound



  • Pilih pada menu level, naikkan volume pada microphone, ini bertujuan agar suara anda terdengar dengan apa yang kalian ucapkan pada mic headset.

level


Nah selesai sudah cara settingnya, sekarang kalian bisa berbicara, merekam semua aktivitas dilayar desktop bahkan juga bisa untuk sekedar berkaraoke ria. 

Cukup sekian posting artikel pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jika kalian ingin teman-teman kalian mengetahui tentang cara menjadikan headset handphone menjadi microphone dengan mudah, bisa langsung kalian share artikel ini pada tombol share dibawah.  



Artikel lainnya :