Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Screenshot Panjang/Long Screenshot di Semua HP Android

Cara Membuat Screenshot Panjang/Long Screenshot di Semua HP Android -  Long Screenshot android memungkinkan kita untuk bisa menangkap aktifitas layar android tidak hanya pada area aktifitas layar yang terlihat saja, namun kita bisa menangkap aktifitas layar secara keseluruhan dengan hasil yang memanjang. Jika dalam kondisi tertentu membuat screenshot panjang atau long screenshot tentunya akan sangat berguna sekali. Seperti pada saat melakukan screenshot terhadap informasi yang tersebar di media sosial, informasi pada sebuah website tertentu yang panjang dan lain-lain. Sehingga apabila kalian ingin mengirim suatu informasi yang panjang, maka kalian tidak perlu untuk melakukan beberapa kali screenshot terlebih dahulu. Karena tujuan dari membuat screenshot panjang adalah untuk memberikan informasi secara jelas dan lengkap dibandingkan dengan melakukan screenshot hanya pada layar yang terlihat saja.

Tidak semua ponsel android didukung adanya fitur long screenshot/screenshot panjang walaupun sekarang ini terdapat beberapa smartphone yang memang support untuk screenshot panjang/long screenshot. Lalu bagaimana cara untuk mengambil screenshot panjang pada hp android yang belum support? apabila smartphone android yang kalian miliki belum tersedia fitur screenshot panjang, maka jangan terlalu cemas akan hal itu. Karena pada kesempatan kali ini Saya akan berbagi tips cara screenshot panjang pada semua tipe ponsel android. Jadi kalian tetap dapat membuat screenshot panjang di android dengan menggunakan bantuan sebuah aplikasi. Aplikasi ini bernama Scroll Capture, yang mana aplikasi ini mampu untuk melakukan tangkapan layar panjang/long screenshot dengan mudah dan juga dapat dilakukan untuk semua tipe ponsel android. Untuk aplikasinya kalian bisa mendownload secara gratis di Google Playstore.

Baca jugaCara Membuat Kamera Android Menjadi Webcam dengan Kabel USB.

Berikut ini cara mengambil screenshot panjang/long screenshot pada semua tipe ponsel android :

  • Pertama-tama download dan install terlebih dahulu aplikasi scroll capture. Jika sudah langsung saja membuka aplikasi tersebut.
  • Siapkan informasi yang ingin di screenshot panjang dengan mengisi alamat url situs web tersebut pada kolom yang telah disediakan pada aplikasi scroll capture.  
cara membuat screenshot panjang/long screenshot di semua tipe android

  • Jika sudah pada halaman yang ingin di screenshot panjang, maka langkah selanjutnya adalah tekan simbol capture. Dan beri izin akses aplikasi scroll tersebut. 
cara screenshot panjang di android dengan aplikasi scroll capture

  • Setelah itu, maka selanjutnya tunggu sampai proses screenshot selesai.
  • Jika sudah kalian bisa lihat hasil screenshot panjang tersebut yang langsung tesimpan pada gallery kalian. Untuk hasil screenshot panjang, kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.
cara menangkap layar panjang/long screenshot di semua tipe hp android

Dan jika untuk memperbesar gambar hasil screenshot tersebut kalian bisa zoom, dan hasilnya pun tidak pecah dan benar-benar jelas. Dan hasil tangkapan ikan layar nya pun akan terlihat memanjang.

Oke mungkin itulah tadi cara untuk membuat screenshot panjang pada semua tipe ponsel android. Semoga bermanfaat bagi kalian, dan jika kalian merasa artikel ini bermanfaat maka alangkah baiknya untuk di share juga ke teman-teman kalian yang lainnya agar mereka pun juga dapat mengetahuinya. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca juga artikel lainnya :