Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya kah Jika Terlalu Sering Install Ulang OS Komputer/laptop? Ini akibatnya

Jika komputer atau laptop sering mengalami hang, error atau terkena virus terlalu banyak maka dengan menginstall ulang komputer atau laptop tersebut maka akan kembali normal lagi. Karena dengan melakukan install ulang pada komputer, semua isi data dari komputer akan terhapus dan akan digantikan dengan yang baru.

Banyak orang berpendapat bahwa dengan melakukan install ulang pada komputer atau laptop merupakan salah satu jalan tercepat mengatasi masalah yang ada pada komputer/laptop. Namun demikian jika kalian terlalu sering melakukan install ulang komputer maka akan berakibat buruk pada komputer tersebut. Kalian boleh melakukan install ulang komputer jika tak ada jalan lain lagi untuk memperbaiki komputer yang mengalami masalah tersebut. Maka jika komputer masih mengalami masalah, solusi yang terakhir untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan install ulang komputer.

Akibat terlalu sering install os komputer juga akan menyebabkan ketergantungan bagi pengguna komputer. Jadi karena sudah biasa melakukan install ulang pada komputer, tentunya jika komputer mengalami masalah maka yang dilakukan nya yaitu menginstall ulang komputer tersebut tanpa mempertimbangkan akibat yang dialami jika keseringan install ulang os komputer.
Baca jugaCara Jadikan Android Sebagai Mouse dan Keyboard Pada Komputer/Laptop.

Berikut ini akibat jika terlalu sering install ulang os komputer/laptop :


Membuat perangkat keras rusak

akibat jika terlalu sering melakukan install ulang os komputer atau laptop

Proses install ulang yang terlalu sering akan mengakibatkan hardwere komputer kalian cepat rusak seperti hardisk pasalnya hardisk kalian akan bekerja lebih keras saat melakukan proses penghapusan dan penulisan data os. Dan bayangkan saja jika install ulang sering dilakukan pada komputer tentunya akan menyebabkan kerusakan pada hardisk tersebut.

Memperpendek umur baterai

menginstall ulang laptop terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan baterai

Dengan melakukan install ulang yang terlalu sering maka bersiap-siaplah karena baterai kamu menjadi pendek umurnya sehingga kinerja baterai menjadi berkurang. Karena daya yang dibutuhkan saat install ulang memerlukan daya yang tinggi dan waktu yang lama. Dengan adanya aliran listrik yang tidak stabil maka daya baterai akan menjadi lebih boros.

Boros waktu dan juga uang

terlalu sering install ulang komputer atau laptop akan berakibat buruk

Tak selamanya dengan menginstall ulang os komputer atau laptop itu bisa menyelesaikan masalah. Karena jika kalian terlalu sering melakukan install komputer atau laptop maka otomatis biaya yang dikeluarkan akan boros dan juga waktu yang dibutuhkna juga lama paling tidak waktu yang dibutuhkan minimal 2jam. Dan dalam sekali install ulang bisa menghabiskan dana sebesar 70 ribu sampai 100ribu. 

Oke mungkin itulah tadi beberapa dampak buruk jika terlalu sering melakukan install ulang os pada komputer. Maka kenali dulu penyebab masalah yang ada dalam komputer kalian, karena sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah tanpa harus melakukan install ulang.

Akhir kata semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian dan jika kalian merasa artikel ini bermanfaat maka alangkah baiknya juga jika untuk share artikel ini ke kerabat kalian yang lain agar mereka juga mengetahuinya juga. Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca juga artikel lainnya :