Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menemukan Smartphone Android Yang Hilang Dengan Android Device Manager

Jika kalian pernah mengalami kehilangan smartphone android entah itu karena jatuh atau lupa menaruhnya ataupun dicuri oleh seseorang, maka respon pertama kalinya adalah bingung bercampur panik dan juga sedih. Apalagi jika harga dari smartphone android kalian harganya mahal atau mungkin yang masih kredit belum lunas pasti akan menambah pusing tentunya. Untungnya pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara atau tips untuk menemukan smartphone android yang hilang. Nah bagaimana cara untuk menemukan smartphone yang hilang tersebut? dan cara untuk dapat menemukannya adalah dengan melacak keberadaan ponsel android tersebut dengan menggunakan android device manager atau biasa disingkat dengan ADM.

Android device manager (ADM) merupakan suatu fitur yang digunakan untuk membantu pengguna android untuk melacak lokasi keberadaan ponsel/smartphone mereka. 

Apa saja keuntungan dari android device manager (ADM) ini? 
  1. Dengan adanya ADM kita dapat mencari ponsel yang hilang dengan cara melacaknya dengan dua cara yaitu dengan mengaktifkan atau membunyikan nada dering dan yang kedua yaitu dengan mengaktifan fitur pencarian lokasi.  
  2. Kita dapat mengunci ponsel android kita dengan menggunakan password dari jarak jauh.
  3. Dapat menghapus semua data didalam memory smartphone (kecuali sd card).

Dan ada beberapa syarat untuk dapat menggunakan android device manager ini yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Smartphone android kalian harus selalu terhubung atau terkoneksi dengan internet.

2. Selalu mengingat akun google yang digunakan pada smartphone. Mulai dari nama email dan juga kata sandi atau passwordnya.


3. Lakukan setting untuk mengaktifkan android device manager. Cara nya dengan masuk ke menu pengaturan - pengaman - administrator perangkat - kemudian ceklis pada temukan perangkat saya.

Untuk lebih jelasnya mengenai langkah diatas bisa kalian lihat pada gambar berikut ini.

Advertisement

cara menemukan ponsel android yang hilang dengan adm



4. Lakukan setting perangkat agar dapat diakses dari jarak jauh. Cara nya masuk ke menu setelan google - keamanan - temukan perangat saya - ceklis kedua opsi seperti pada gambar dibawah ini.

cara setting perangkat agar dapat diakses jarak jauh

5. Kemudian lakukan setting untuk mengaktifkan pada layanan lokasi.


mengaktifkan lokasi

Nah jika kelima syarat diatas sudah kalian lakukan dengan benar maka saatnya untuk mengakses smartphone dari jarak jauh. Kalian bisa menggunakan sebuah komputer atau laptop maupun dengan menggunakan smartphone lain sebagai media monitor.

Untuk melacak keberadaan smartphone dengan menggunakan android device manager (ADM) yaitu dengan mengetikkan find my device pada mesin pencari google. Jika sudah sign in kedalam akun google (gmail) dengan menggunakan akun yang sama dengan smartphone yang akan dilacak. Maka akan muncul jenis smartphone yang sudah terkoneksi. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.


Langkah untuk melacak smartphone android yang hilang

Jika sudah, kamu klik jenis smartphone yang terkoneksi maka tampilan selanjutnya akan tampak seperti pada gambar dibawah ini. Jadi pada menu tersebut akan terlihat beberapa opsi atau pilihan fitur untuk mengakses ponsel dari jarak jauh. Seperti membunyikan nada dering, mengunci layar dan juga menghapus data.

tampilan pada fitur android device manager

Fitur membunyikan nada dering/play sound

Kalian bisa menggunakan fitur ini jika sekiranya lupa menaruh ponsel. Nada dering ini akan berbunyi keras selama 5 menit walaupun kondisi ponsel silent.

fitur membunyikan nada dering dengan ADM

Fitur mengunci perangkat/lock

Pada fitur ini menyediakan fitur tambahan yaitu menampilkan pesan atau nomor telepon.
Jika sebelumnya ponsel kalian belum ada sandi atau pola saat membuka layar maka kalian bisa saja menguncinya dengan password yang ingin kalian buat pada opsi ini. Agar orang yang menemukan ponsel ini tidak bisa membuka atau mengakses ponsel kalian.

Kemudian kalian juga bisa menulis pesan pada opsi ini. Pesan tersebut akan disampaikan kepada siapa saja yang menemukan ponsel kalian. Bisa dengan mencantumkan nomor handphone kalian agar sang penemu ponsel android dapat mengembalikan dengan menghubungi kalian. Misalnya apabila sang penemu handphone berbaik hati maka ponsel kalian akan dikembalikan karena sebuah pesan yang kalian sampaikan.

mengunci perangkat dengan menggunakan fitur ADM

Fitur menghapus data/erase

Pada fitur ini kalian dapat menghapus data-data dari memori internal atau memori telepon. Jadi jika kalian takut ada beberapa file yang takut akan disalahgunakan maka kalian bisa melakukan opsi erase data dari ponsel tersebut jadi semua data didalam memory smartphone yang hilang akan terhapus semuanya.

Menghapus data di memori internal dengan menggunakan ADM

Dan untuk menemukan lokasi yaitu dengan mengeklik gambar ponsel pada maps. Kalian bisa lihat dengan jelas posisi smartphone tersebut. Dan kalian bisa scrool ke atas untuk memperjelas lokasi tersebut.


menemukan keberadaan ponsel yang hilang dengan ADM

Demikianlah postingan artikel pada kesempatan kali ini mengenai cara menemukan smartphone android yang hilang dengan menggunakan fitur android device manager. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan. Terimakasih dan selamat mencoba. 


Artikel lainnya :